Selat Bosporus

Bosphorus atau Bosporus ( bahasa Yunani : Βόσπορος , Bosporos, Bulgaria : Босфора , Босфора), juga dikenal sebagai Selat Istanbul ( bahasa Turki : İstanbul Boğazı), adalah sebuah selat yang merupakan bagian dari batas antara Eropa dan Asia. Ini adalah salah satu Selat Turki , bersama dengan Dardanella . Dunia sempit selat yang digunakan untuk navigasi internasional , itu menghubungkan Laut Hitam dengan Laut Marmara (yang dihubungkan oleh Dardanella ke Laut Aegea , dan dengan demikian ke Laut Mediterania ).

Batas Bosphorus didefinisikan sebagai garis yang menghubungkan antara mercusuar Rumeli Feneri dan Anadolu Feneri di utara dan antara Feneri Ahırkapı dan Kadıköy İnciburnu Feneri di selatan. Selat adalah antara km 31 batas (17 nm) panjang, dengan lebar 3.329 m (1,798 nm) di pintu masuk utara dan 2.826 m (1,526 nm) di pintu masuk selatan. lebar maksimum adalah 3.420 m (1.85 nm) antara Umuryeri dan Büyükdere Limanı, dan m lebar minimal 704 (0,380 nm) antara Kandilli Point dan Aşiyan.

Kedalaman Bosphorus bervariasi 36-124 m (118-407 ft) di tengah jalan dengan rata-rata 65 m (213 kaki). Lokasi terdalam adalah antara Kandilli dan Bebek dengan 110 m (360 kaki). Yang dangkal sebagian besar lokasi adalah off Kadıköy İnciburnu pada rute utara dengan 18 m (59 kaki) dan off Aşiyan Point di jalur selatan dengan 13 m (43 ft)

Tepi selat ini berpenduduk padat, kota Istanbul (dengan area metropolitan di lebih dari 11 juta jiwa) mengangkang itu.

Nama berasal dari bahasa Yunani Bosporos (Βόσπορος), Yunani kuno yang dianalisis sebagai bous βοῦς ‘sapi’ + poros πόρος ‘cara melewati sungai, ford, feri’, sehingga berarti ‘ sapi-ford ‘. Meskipun telah dikenal untuk sementara bahwa Laut Hitam dan Laut Marmara aliran satu sama lain dalam contoh aliran kepadatan, temuan penelitian oleh University of Leeds pada bulan Agustus 2010 mengungkapkan bahwa sebenarnya ada sebuah sungai di bawah air mengalir melalui Mediterania dan di bawah Bosphorus disebabkan oleh perbedaan kepadatan dua laut, yang akan menjadi sungai terbesar keenam di Bumi jika ingin berada di atas tanah.

Ini juga telah dianggap bentuk Thracian dari Phôsphoros ( Φωσφόρος ), “cahaya-bearing”, sebuah julukan dewi Hecate .

This entry was posted in Geografi Fisik Turki and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s