Ahmet Necdet Sezer

Ahmet Necdet Sezer (lahir di Afyon, 13 September 1941; umur 69 tahunl) adalah Presiden Republik Turki yang kesepuluh. Türkiye Büyük Millet Meclisi (Dewan Nasional Agung Turki) memilih Sezer pada tahun 2000 setelah habis masa jabatan Süleyman Demirel yang berlangsung tujuh tahun.

Ia lulus dari SMU Afyon pada 1958. Lulus dari Fakultas Hukum Universitas Ankara pada 1962 dan memulai kariernya sebagai hakim di Ankara. Setelah dinas militernya di Akademi Militer, ia mula-mula melayani sebagai hakim di Dicle dan Yerköy, dan belakangan sebagai hakim pengawas di Pengadilan Banding Tinggi di Ankara. Pada 1978 ia menerima gelar Magister Hukum (LL.M.) dalam hukum sipil dari Fakultas Hukum Universitas Ankara.

Pada 7 Maret 1983, ia dipilih menjadi anggota Pengadilan Banding Tinggi. Karena ia adalah anggota dari Dewan Hukum Kedua, Sezer direkomendasikan kepada presiden oleh dewan pleno Pengadilan Banding Tinggi di antara tiga orang calon untuk diangkat menjadi anggota Pengadilan Konstitusional. Pada 27 September 1988, ia diangkat oleh presiden sebagai anggota dari Pengadilan Konstitusional. Pada 6 Januari 1998, ia terpilih sebagai hakim ketua dari Pengadilan Konstitusional.

Ia menikah dengan Semra Sezer dan mempunyai tiga orang anak.

Ia disumpah sebagai Presiden Republik Turki pada 16 Mei 2000. Ia adalah seorang sekularis yang kuat, dan kadang-kadang berbeda pendapat dengan Perdana Menterinya, Recep Tayyip Erdoğan.

This entry was posted in Presiden Turki and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s